berkaca

Berkaca atau bahasa slank-nya “ngaca” itu penting yah? Menurut saya :p Kenapa? Supaya saya bs tau dandanan udah oke belum, baju udah rapi belum, ada yg salah/aneh ga dengan gaya saya, dsb. Ngaca butuh alat bantu: cermin. Bisa cermin beneran atau kaca yg mantulin bayangan. Intinya butuh alat bantu. Tapi alat bantu ini punya keterbatasan, yaitu cuma bs “mengoreksi” apa yg keliatan mata aja. Nah, terus, kalo saya mau ngaca yg ga keliatan mata alias mau ngaca kepribadian gimana? Alat bantunya apa?

Bagi saya, ngaca kepribadian itu lewat alat bantu bernama: teman.

Lewat teman, saya bisa tau kepribadian saya seperti apa. Karena teman bisa bilang atau nunjukkin seperti apa karakter saya. Dan saya bisa tau perasaan orang lain yang diperlakukan dengan karakter sama seperti saya. Kenapa musti teman? bukan keluarga atau orang lain? Mungkin karena saya sedang kuliah di luar jadi influence terbesar mereka :/.

Teman juga bisa ngasi contoh2 baik yg nutupin kekurangan atau nunjukkin kelemahan saya. Contohnya, kalau saya lg emosi, saya ga tau gimana perasaan teman2 di sekitar saya yg kena “ciprat” emosi saya. Tapi, kalau kejadiannya dibalik, saya jadi sadar, kalo kena ciprat itu ga enak. Atau kalau saya dengan gampangnya nolong teman, pas giliran saya yg ditolong, saya juga jadi tau gimana sangat berharganya pertolongan teman itu.

Jadi intinya, sering2lah ngaca. Biar ga berantakan luar dalem.

:)

Leave a Reply

