sebuah kemampuan

Banyak hal yang orang lain tidak ketahui kenapa seseorang bisa bersikap seperti sikap yang ia tunjukkan. Kadang ada faktor2 yang terlalu kompleks untuk diceritakan, terlalu sulit untuk dijelaskan, terlalu membingungkan untuk dimulai.

Dan hidup ini tidak pernah kebetulan. Sebuah jalan selalu dibukakan kepada siapapun, baik yang meminta atau tidak. Sebuah proses hidup tidak mungkin disia-siakan Tuhan, se-sia2 apapun kita melihatnya. Kadang semua baru masuk akal bertahun-tahun kemudian. Saya percaya Tuhan tidak akan mendzalimi hamba-Nya yang selalu berusaha.

Hanya butuh keikhlasan dan rasa percaya kepada Tuhan bahwa jalan yang ditunjukkan adalah jalan yang terbaik. Sebaik2nya jalan. Seperti pengalaman buruk saya dengan mantan bos selama 3 tahun yang akhirnya mengantarkan saya kepada seseorang bernama Bobi. Dan melalui Bobi-lah tangan Tuhan bekerja. Saya bisa meraih beasiswa. Tentu dengan seluruh doa dan bantuan keluarga dan orang2 terdekat. Tuhan tidak pernah keliru membukakan pintu mana kita masuk. Sekeliru2-nya sangkaan kita.

Sebuah kesalahan adalah pengingat bahwa kita adalah manusia. Dan melalui kesalahan itulah kita bisa belajar. Sebuah pengampunan yang tulus dan harapan untuk melihat seluruh gambaran besar lebih jelas adalah sebuah kemampuan yang diberikan Tuhan.

Berbahagialah kalian yang bisa melihat dan memahami bahwa manusia tidak semuanya sama. Karena kalian telah dimampukan Tuhan untuk mencintai orang lain lebih dari kebanyakan orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s