Buah pemikiran

Setiap dari kita yang bekerja memiliki sebuah atau banyak tujuan. Ada yang memiliki tujuan untuk memiliki materi maupun non-materi. Mewujudkan tujuan tentu perlu sumber daya. Tapi masih banyak yang kekurangan sumber daya itu, hanya cukup untuk makan sehari-hari. Masih banyak yang ketika tiba masa bayaran sekolah, tidak tahu harus mengumpulkan uang dari mana. Masih banyak orang tua renta bekerja tidak lihat cuaca, waktu, dan tempat. Panas terik atau malam pekat bahkan sampai berada berdesakan diantara mobil-mobil mewah ibukota. Mereka terus bekerja. Menyambung hidup. Bertahan dari hari demi hari. Anak kecil yang bekerja tanpa kenal cuaca, waktu, dan tempat pun tidak kalah banyak.

Masih banyak yang seperti itu di sekitar kita.

Hati saya ngilu melihat orang tua renta itu berjualan ronde sampai malam, menarik gerobak atau menggendong karung berisi sampah-sampah yang telah dipilahnya untuk kemudian dijual lagi, berjualan koran di rumah makan yang dipenuhi keluarga-keluarga yang penuh keceriaan. Pemandangan itu sering saya lihat disini. This country is sick. The government, businessman, academician, NGO member, polician, all are included to this severe sickness. Kita seperti tidak berdaya untuk berbuat untuk saudara dan lingkungan kita yang lebih besar.

Tapi saya pun masih mencari tahu harus berbuat apa dan mulai dari mana. Saya pernah mendengar seorang pembicara LSM di acara pemerintah menyatakan  “kita ini terjebak dalam rutinitas yang tidak memberikan solusi. Pekerjaan administrasi yang tidak berdampak langsung pada masyarakat.” Mendengar kalimat itu, hati saya seperti terkoyak-koyak.

Masih banyak yang harus ikhtiarkan dan dimintakan kepada Tuhan kemana seharusnya kaki ini melangkah dan tangan ini bekerja. Bismillah ya semua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s