Jenuh

Sepengamatan dan sepengalaman saya, seseorang bisa mengalami titik jenuh dengan perilaku dan omongan orang lain. Kejenuhan atau yang sering terdengar dengan kalimat “saya sudah males dengan dia” atau “saya capek berurusan sama dia” hanya menjangkiti kepada orang yang berperilaku NEGATIF.

Ya, perilaku atau omongan negatif akan membuat titik jenuh semakin cepat timbul dan menguat. Seberapapun positifnya kita berpikir, kejenuhan itu akan muncul sebagai bentuk kata hati yang jujur terhadap diri sendiri.

Lalu apa yang terjadi jika kejenuhan akan perilaku dan omongan negatif itu timbul? Kita akan menjauh. Dengan otomatis kita akan menghindari bahkan pergi dari orang itu. Dan kita biasanya minim perasaan menyesal atau sedih. Kita akan merasa lebih lega, lebih baik.

Kejenuhan akan sulit datang pada orang-orang yang memandang hidup dengan positif dan selalu berusaha lebih baik. Contohnya, dengan sahabat, saudara, ataupun keluarga yang positif, kita akan jarang merasa jenuh dengan mereka. Bahkan kita merasa merindukan mereka.

Hanya ada satu obat yang bisa dipakai untuk bertahan dengan orang yang negatif: cinta. Seberapapun jenuhnya kita, akan ada orang yang mencintai orang negatif apa adanya.

Keinginan untuk merubah orang negatif bisa dianggap perlu / tidak. Perlu jika dia adalah orang dekat kita dan kita mencintainya. Tidak perlu jika kita tidak dekat dengannya dan kita tidak mencintainya.

I have experienced with that both situations, but not in extreme way, so I can write about it.

Kesimpulannya adalah, kita tidak bisa mengubah orang lain jika:
1. Orang itu sudah dewasa
2. Orang itu tidak punya kemauan untuk berubah

Really, the energy you put to change them is equal with the energy you need to forgive them. Choose to forgive first. Then you have two options left: to leave or to stay.

Be wise in choosing that option.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s