Penggugur Kewajiban

Pernah mendengar istilah ini? Mungkin bagi yang beragama Islam sering mendengarnya. “Sholat hanya sebagai penggugur kewajiban, makanya ga khusyuk.” Kira-kira seperti itu kalimatnya yang sering terdengar dalam konteks ibadah. Tapi saya tidak menulis dalam konteks ibadah, melainkan kehidupan sehari-hari.

Penggugur kewajiban saya artikan melakukan sesuatu tanpa ada “soul”nya. Sekedar formalitas, kurang mendalam sehingga menjadi kurang bermakna. Contohnya ketika kita datang ke kantor tapi tidak bekerja dengan maksimal, hanya facebook-an atau chatting ga jelas juntrungnya. Misalnya lagi kita mendatangi rapat, tetapi tidak mendengarkan malah asyik mainan hp. Contoh yang paling sederhana adalah ketika kita berbicara dengan orang lain, tapi kita tidak mendengarkan.

Penggugur kewajiban, atau kalau boleh saya istilahkan less-mindful, adalah aktifitas yang sia-sia. Kenapa? Karena kita menjadi tidak fokus terhadap apa yang kita kerjakan dan hasilnya biasanya tidak optimal juga.

Bagaimana caranya supaya bisa fokus/mindful? Kalau yang saya pelajari adalah melalui meditasi. Meditasi dapat melatih pikiran fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan, bahkan ketika tidak mengerjakan apa-apa kita fokus terhadap diri sendiri, saat ini, disini.

Tapi saya jarang melakukan meditasi lagi. Saya menggantinya dengan zikir yang fokus setelah sholat lima waktu. Latihan ini memang sangat membantu mengarahkan pikiran untuk hanya menyadari pada satu hal saja. Ketika kita mendengarkan orang lain, itulah yang kita lakukan. Tidak berpikir mau jawab apa dari obrolan ini, dst.

Salah satu yang paling efektif adalah dengan cara belajar mendengarkan dengan baik. Mendengarkan dengan hati dan pikiran. Belajar berempati melalui mendengarkan sangat-sangat efektif.

So, we’d better listen to others mindfully to become a mindful person.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s