To be creative

Selama mamaku sakit, aku cari cara supaya menyenangkan hatinya setiap hari. Ya, setiap hari. Semua orang yang sakit butuh itu. Semua orang sakit butuh dibantu hatinya, pikirannya, badannya untuk berobat karena mereka sedang tidak bisa membantu diri mereka sendiri. Sejak bulan Oktober, inilah yang aku lakukan untuk menyenangkan hatinya. Semoga ada yang bisa ditiru :) atau ditambahkan mungkin? :)

1. Begitu tau orang yang kita sayangi sakit, kita harus segera pulang! Apapun caranya. Apapun resiko yang kita tinggalkan di depan kita. Kecuali dalam keadaan yang sangat mendesak dan tidak dapat tiket pulang, itu baru boleh ditunda.

2. Sering-seringlah menelepon, kirim SMS/WA/BBM. Tanyakan lagi apa, makan apa tadi, gimana badannya. Tanyalah hal-hal sederhana yang mengandung perhatian yang besar. Dengan begitu mereka bisa lebih terbuka dengan apa yang mereka rasakan, apakah sedih, sakit, mendingan, dsb. Terkadang orang sakit tidak mau mengeluh, maka kita yang harus bertanya.

3. Sering-sering menjenguk sambil membawakan oleh-oleh yang memang dibutuhkan atau sedang diinginkan mereka. Dengarkan baik-baik celotehan mereka. Kita akan mendapat banyak clue tentang apa yang sedang diinginkan; makanan, alat kesehatan, bentuk pengobatan, jalan-jalan, dsb.

4. Cari informasi yang benar sebanyak-banyaknya mengenai sakit dan pengobatannya. Buat kumpulan tulisan mengenai motivasi, pengobatan, dan kisah inspiratif dari hasil riset kita. Cetak buku tersebut secantik mungkin sesuai dengan style dan warna kesukaan mereka. Kasih notes di halaman depan bahwa buku itu kita persembahkan khusus untuk mereka, dengan penuh cinta tentunya. :)

5. Kirim SMS mengenai hal-hal yang membuat mereka termotivasi, arahkan kepada motivasi kuat karena ALLAH SWT. Arahkan selalu ke spiritual. Hal ini akan sangat membantu mereka menjalani hari-harinya dengan lebih bahagia dan tegar.

6. Ajak mereka jalan-jalan ke tempat yang mereka suka. Bantu mereka membawa perlengkapan medisnya. Ingatkan mereka untuk memakai jaket, kaos kaki, sarung, tangan, masker. Bawakan tasnya. Bawakan tempat minum dan makannya. Buat mereka seringan mungkin melangkahkan kaki.

7. Tawarkan mereka makanan yang sedang mereka inginkan. Kalau makanan yang diinginkan adalah pantangan bagi mereka, bolehkan tapi hanya sedikit dan tidak boleh lagi dalam seminggu ke depan. Kita harus menjaga nafsu makan mereka tetap nikmat, tapi lebih penting untuk mengingatkan mereka untuk menjaga diri.

8. Belikan obat, vitamin, atau alat kesehatan yang dibutuhkan. Ajak mereka berdiskusi singkat mengenai rencana kita membelikan semua itu, kalau mereka mau, belilah. Kalau mereka tidak mau padahal menurut kita bagus, tetap belikan. Katakan ini untuk jaga-jaga saja, boleh dipakai boleh tidak.

9. Pijit-pijit badannya, ambilkan selimut, buatkan minum dan makanan yang bagus untuk kesembuhannya.

10. Belikan bunga, pajangan rumah, parfum, baju, kerudung atau hadiah-hadiah lainnya seolah-olah hari itu adalah hari ulang tahun mereka. Buat mereka merasa bahwa mereka sehat-sehat saja dengan memakai hadiah kita. :)

InsyaALLAH semua itu bisa membantu mereka yang kita cintai lebih untuk mensyukuri nikmat sakitnya, berikhtiar dengan ikhlas, dan ridho akan takdirNya. :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s