Penyelamatku

Aku sangat bersyukur karena akhirnya aku menemukan apa itu Iman. Aku menemukannya di tempat yang gelap. Cahaya Iman menembus hatiku. Cahaya iman adalah titik keyakinan yang paling dalam dimana aku menemukan ketenangan, kedamaian, dan kebaikan di saat-saat terpahit.

Iman yang membuat aku percaya semua di dunia ini hanya titipan; harta, jabatan, kesehatan, kesenangan, kesedihan, perasaan cinta, emosi negatif, dll. Semua hanya titipan ALLAH SWT untuk menguji kita apakah kita termasuk orang-orang yang bisa menjaga titipan itu dengan baik dengan cara selalu bersyukur atas kesenangan dan bersabar atas kesulitan, atau malah mengingkari kenikmatan titipan yang telah diberikan?

Aku sangat bersyukur bisa menikmati yang namanya hijrah cinta dimana aku bisa membalas hal-hal buruk dengan kebaikan. Oh, aku sangat menikmati momen-momen kekalahanku sendiri. Kekalahan atas hawa nafsu, amarah, dendam, dan perasaan negatif. Saking menikmati momen-momen mengalahkan diri sendiri, aku terkadang dilihat sebagai orang yang lemah, bodoh, mudah dibohongi, ditipudaya, dll. Tapi apa yang terjadi dengan orang-orang yang memperlakukanku seperti itu? Mereka menyesal, meminta maaf, dan mereka meminta nasihat-nasihatku di kemudian hari.

Aku merasa di belakangku ada kekuatan yang besar sekali yang membuatku bisa melalui hal-hal berat. Bahkan di saat-saat aku pikir aku tidak akan mungkin bisa melihat ibuku kesakitan sewaktu di RS, ketika aku berjalan sendirian malam-malam di lorong RS, ketika aku menemukan email yang tidak pantas, ketika aku direndahkan. Saat-saat itulah aku sujud lebih dalam. Memohon lebih banyak. Berzikir lebih lama. Berikhtiar lebih keras. Dan tiba-tiba semua permasalahanku selesai, begitu saja.

Dengan hasil baik atau tidak, sekarang aku tidak terlalu peduli lagi. Aku hanya peduli dengan usahaku, kepasrahanku, rasa syukurku, perbuatan baikku. Hasilnya aku serahkan sama Allah, terserah aku mau diapakan. :)

Leave a Reply

