A sinner who remember of death

Alhamdulillah aku diberikan kesadaran ini; kesadaran merasa penuh dosa dan kematian selalu menghantui.

Sekali-kali ngomongin yang jauh dan berat ga apa2 ya? :)

Aku akhir-akhir ini belajar ilmu agama baik secara spontan maupun rutin. Pembelajaran spontan aku dapat dari medsos. Aku banyak follow akun-akun Islami, baik akun dakwah ataupun akun jualan online hijab syar’i :D Sedangkan pembelajaran yang rajin biasanya dari baca buku, website ilmiah, blog yang terpercaya, dan youtube.

Tujuannya adalah untuk menambah ilmu agama supaya hidup bisa lebih benar dan berkah.

Aku belajar banyak sampai akhirnya aku sekarang agak terhenyak di pembelajaran bahwa aku ini sangat banyak melakukan dosa setiap harinya dan kematian yang entah kapan menjemput itu harus dipersiapkan dengan sangat baik melalui amalan-amalan baik.

Dosa “tiap hari” yang aku observasi terdapat di diriku adalah masiiiih (ada) saja perasaan negatif terhadap orang lain, curiga, berprasangka buruk, menyakiti perasaan pasangan, kesal di jalan, menunda-nunda sholat, dll.

Sungguh, dosa-dosa “tak terlihat” ini bukan tidak ada. Mereka ada. Mereka hanya tidak ada yang tahu kecuali ALLAHku yang tahu. Dan itu pun masih ditutup2iNya. ALLAH memang Maha Pecinta. Maha Penyayang. Maha Pemurah. Maha Penutup Aib.

Menjaga pikiran dan hati tetap positif, bersih, dan riang adalah sebuah keharusan untuk menghindari dosa-dosa itu. Ditambah dengan sering mengingat kematian.

Dengan lebih sering mengingat kematian, kita lebih sering menyegerakan kebaikan, lebih mudah memaafkan, mudah meminta maaf, lebih banyak membantu orang lain, mencintai dengan tulus, dan ceria.

Karena semua yang terjadi padamu, adalah untuk kebaikanmu. Percayalah pada hal-hal baik selalu menyertaimu, walaupun rasanya mungkin tidak menyenangkanmu.

:)

Leave a Reply

