Perjuangan

Dalam nikmat kemudahan dan kelimpahan, selalu Allah selipkan nikmat berjuang dalam kehidupanku. 

Berjuang untuk mendekatkan diri padaNya dalam berbagai bentuk; berjuang meraih cita2ku, berjuang menemukan jodohku, berjuang untuk kedua orang tuaku, berjuang untuk keturunanku, berjuang mengeratkan silaturahmi keluarga, berjuang mendapatkan rezeki yang halal, berjuang mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah, berjuang melawan ego, berjuang membersihkan hati dan pikiran, berjuang melepaskan sakit hati, berjuang mengampuni orang lain, berjuang istiqomah untuk selalu taat di jalan Allah, dan lain-lain.

Beberapa perjuanganku terkabulkan dengan sangat indah. Aku sampai takjub sendiri dengan rasa sayangNya padaku.

Tapi apakah perjuangan yang lain yang belum terwujud (sesuai kemauanku) lantas berarti Allah tidak sayang? Sudah pasti tidak begitu. Perjuangan adalah bagian dari ibadah, dan hasil adalah taqdir. Dan di tengah2nya ada doa yang bisa menjadi sumbu harapan untuk taqdir yang terbaik, untuk melapangkan hati yang menyempit, untuk melepaskan keinginan-keinginan yang belum tentu baik di mata Allah.

Maka ketika perjuangan diniatkan sebagai ibadah, dan taqdir sebagai hadiah terbaik, tidak ada lagi rasa beban ketika apa yang diharapkan tidak terwujud, tidak ada lagi keluhan ketika impian sulit dicapai, tidak ada lagi pemaksaan terhadap diri ketika ekspektasi orang lain tidak bisa dipenuhi. 

Apapun bentuknya, berjuang itu nikmat ketika kita berhasil menemukan hikmah di balik harapan yang rasanya tak kunjung datang. 

Berjuang itu nikmat. Senikmat engkau berusaha mencari Allah dan kemudian engkau menemukanNya di setiap langkah optimismu. Banyak sekali kenikmatan disana. Tak tergambarkan.

Tetap berjuang, semua. Tetap semangat, ceria, dan optimis!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s