Pendamping utama yang berdiri tegar

Sebenarnya aku bukanlah pendamping utama Ibuku. Pendamping utamanya adalah Ayahku dan perawat pribadiku, Anis. Aku bisa dibilang pendamping ketiga atau pendamping dari pendamping utama Ibuku. Bingung? Hehe.

Aku adalah pendamping Ayahku & Anis.

Ibuku masuk RS Carolus pertama kali pada tanggal 2 Desember 2015. Pasa saat Ibuku masuk RS keluhannya adalah sakit kepala hebaaaattt sekali sehari sebelumnya. Beruntungnya kita semua, pada saat Ibuku mengalami pusing hebat aku sedang ambil cuti 4 hari khusus untuk mendampingi beliau. Sejak malam tanggal 1 Desember 2015 aku diantar sepupuku mengitari 2 RS yang menjadi pilihan kami, yaitu RS Pusat Otak Nasional di Cawang, dan RS Carolus Salemba.

Setelah melalui survey lapangan, bertanya dengan para petugas RS, diskusi keluarga, dan bertanya kepada Ibuku, maka diputuskan RS yang dituju adalah RS Carolus Salemba. 

Kami sudah punya pengalaman dengan RS Carolus Salemba pada bulan September 2013. Pada saat itu Ibuku mengalami penumpukan cairan di paru-paru sebelah kiri. Tindakan sedot cairan dan rawat inap dilakukan disana. Kami cukup puas dengan pelayanan yang penuh kasih dan dokternya yang baik. Pada saat itu dokter spesialis paru-paru Ibu saya adalah Prof. Wiwiet.

Kembali ke cerita awal pendamping utama, hari ini adalah hari ke-26 Ibuku dirawat di RS Carolus Salemba. Ibuku menolak dibaw pulang sebelum mendapat pengobatan untuk kepalanya, dan menolak dibawa ke RS Kanker Dharmais (will tell you later in anothet post).

Bapak dan Anis-lah yang setia menemani Ibuku di rumah dan RS. Mereka tidak beranjak RS kecuali ada pengganti. Tapi terkadang, walaupun ada pengganti, mereka tetap bertahan di RS. Alasannya bisa karena Ibuku melarang Ayahku pulang atau hanya Anis yang bisa melakukan peran “angkat-turun” badan Ibuku/peran lainnya yang belum bisa dikuasai oleh anggota keluarga.

Ayahku berusia 65 tahun. Tapi penampilannya tidak seperti berusia setua itu. Beliau termasuk yang dikaruniai dengan wajah dan tenaga muda. Bagaimana tidak, Ayahku yang mengurus semua administrasi RS Ibuku:

  • Mendaftarkan RS untuk konsultasi dan rawat inap/rawat jalan
  • Mengantri BPJS sebulan sekali
  • Berkonsultasi dengan dokter
  • Bertanya informasi ke perawat dan petugas administrasi
  • Fotokopi berkas BPJS dan rekam medis Ibuku
  • Menyimpan semua berkas rekam medis, data Ibuku, kartu RS, semuanya dalam bentuk asli dan fotokopi, yang tertata rapi dan terpisah di beberapa folder yang selalu dibawanya ke RS
  • Mengisi semua formulir untuk Ibuku
  • Menelpon laboratorium, RS, dan apotik untuk keperluan insidental
  • Membeli obat farmasi, obat Cina, dan obat herbal, alat kesehatan di berbagai tempat
  • Belum lagi urusan mengantar Ibuku kemana-mana dengan menyetir sendiri
  • Pada saat Ibuku mulai lemah, Ayahku-lah yang mengurus rumah, mencuci, jemur, setrika, membelikan makanan, merapikan rumah
  • Pada saat di RS, Ayah ikut membantu memakaikan baju, menyuapi, memberi minum, dan mengusap-usap bagian tubuh yang dirasa nyeri oleh Ibuku
  • Dan masih banyak lagi..

Melihat Ayahku dan Anis selalu berada disisi Ibuku adalah suatu kebahagiaan yang tidak terkira.

Mengetahui bahwa Ibuku diberikan kemudahan ini membuahkan syukur yang membuatku tegar.

Semoga Allah membalas kebaikan-kebaikan Bapak & Anis.. Aamiiin..

Advertisements

2 thoughts on “Pendamping utama yang berdiri tegar

  1. indiraabidin December 29, 2015 / 4:19 am

    Aamiin, aamiin yra.
    Semoga peristiwa sakitnya Ibu membawa kebaikan dan keberkahan bagi Ibu sendiri, serta untuk Bapak, Mbak Nahdya dan Mbak Anis, mensucikan semua dari segala kesahalah dan dosa masa lalu dan mengangkat derajat Ibu dan semua yang terlibat membantunya.
    Semoga Allah berikan kemudahan, kelancaran pengobatan dan akhirnya kesembuhan bagi Ibu.
    Aamiin yra.

    • Nahdya December 29, 2015 / 6:31 am

      Aamiin YRA.. Terima kasih banyak Bu Indi 🙏🏼 Semoga Ibu sekeluarga selalu dalam lindungan Allah SWT.. Aamiin YRA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s